Berlatih Balet Bersama Anjing di Happy Academy BSD City

Balet

Pada umumnya bahwa tempat untuk berlatih ataupun sekolah terkhusus balet tidak mengizinkan untuk membawa binatang peliharaan. Namun Happy Academy yang merupakan sekolah kursus balet di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan memiliki aturan tersendiri mengenai hal tersebut.

[caption id="attachment_125" align="alignnone" width="1100"]Balet Seorang penari balet sedang berlatih bersama anjing peliharaannya[/caption]

Dimana, para penari balet diperbolehkan untuk membawa hewan peliharaan saat mengasah kemampuan menari balet. Tetapi dengan syarat, bahwa binatang peliharaan adalah berjenis anjing. Hal tersebut yang membuat perbedaan antaran Happy Academy dengan sekolah balet lainnya.

Happy Academy, Sekolah Khusus Balet di BSD City

Balet merupakan salah satu jenis tarian yang identik dengan teknik dasar mengangkat kaki secara tinggi-tinggi, dan grand pas de deux, serta pointe work. Jenis tarian ini dapat dilakukan secara perorangan maupun perkelompok yang pada umumnya ditampilkan dalam sebuah pertunjukan drama balet.

Teknik balet memiliki kemiripan dengan teknik tarian anggar. Barangkali alasannya karena kedua jenis tarian tersebut berkembang di masa yang sama dan kemungkinan juga lantaran memiliki teknik dasar yakni teknik keseimbangan serta jumlah gerakan yang hampir serupa.

[caption id="attachment_127" align="alignnone" width="3680"]Sekolah khusus balet di BSD City Happy Academy, sekolah kursus balet di kawasan BSD City[/caption]

Pada awalnya, balet dikenal dengan istilah ballo yang dipopulerkan dalam pertunjukan De Arte Saltandi et Choreas Ducendi yang diselenggarakan oleh Domenico da Piacenza. Karya tersebut pada akhirnya dikenal dengan sebutan balleti atau kata lain balli, dan kemudian berkembang dengan nama ballet.

Istilah balet pertama kalinya diperkenalkan oleh Balthasar de Beaujoyeulx dalam acaranya bertajuk Ballet Comique de la Royne yang berlangsung pada tahun 1581.

Di tahun yang sama, seorang pembalet profesional bernama Fabritio Caroso meluncurkan sebuah buku dengan judul Il Ballarino, yakni buku panduan dalam menari balet. Hal itu pun membuat Italia menjadi pusat dalam perkembangan tari ballet.

Adapun tarian balet dikenal oleh masyarakat Indonesia yang dahulu kala bernama Hindia Belanda, melalui kunjungan dari Anna Pavlova and Company ke Batavia pada tahun 1929. Hanya berselang satu bulan dari kedatangannya, mereka mengelar pertunjukan drama balet di empat kota besar di Pulau Jawa.

Dimulai dari Batavia yang kini menjadi DKI Jakarta, dan berlanjut ke Bandung, Semarang dan berakhir di Surabaya. Selanjutnya, pada tahun 1934, giliran Dandré-Levitoff Russian Ballet yang membuat pertunjukan di empat kota yang sama dengan Anna Pavlova and Company, namun mereka berakhir di Bali.

Seiring berjalannya waktu, pada abad ke 20, banyak para perintis penari balet asal Belanda yang menetap di Indonesia dan mendirikan sejumlah sekolah balet. Salah satunya yang bertahan hingga kini adalah Happy Academy. Sebuah sekolah kursus balet yang letaknya di kawasan BSD City.

Lokasi sengaja berada di wilayah BSD City karena area tersebut merupakan kota modern dengan tingkat perkembangan yang pesat. Bahkan sejauh ini, telah banyak fasilitas umum yang dibangun.

Mulai dari tempat-tempat hiburan, perkantoran, tempat wisata, moda transportasi hingga akses jalan yang memadai. Dengan demikian, siswa yang belajar balet di Happy Academy tidak akan kerepotan untuk menuju ke lokasi belajar.

Guru Balet Profesional

Semua tenaga pengajar di Happy Academy merupakan para penari balet profesional yang telah berpengalaman dan bersertifikat. Kredibilitas guru tidak perlu lagi diragukan. Bahkan, Happy Academy telah melahirkan bakat-bakat muda penari balet yang sukses berkarir, baik yang bergabung dengan grup balet ternama dari berbagai belahan dunia, maupun menjadi seorang guru.

[caption id="attachment_126" align="alignnone" width="1920"]Belajar balet Peralatan latihan menari balet di Happy Academy BSD City telah berstandar Internasional[/caption]

Tempat dan peralatan yang digunakan oleh para siswa di Happy Academy telah berstandar Internasional. Proses belajar disini juga berjalan menyenangkan.